Skip to main content

Perbedaan Pemrograman Terstruktur Dan Pemrograman Berorientasi Objek

Perbandingan Pemrograman Terstruktur Dan Pemrograman Berorientasi Objek


Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami, sedangkan Pemrograman Berorientasi Objek adalah paradigma pemrograman yang memandang sistem yang akan dibangun berdasarkan objek objek yang terlibat dan interaksinya dalam sistem.

Berikut perbandingan antara pemrograman terstruktur dengan pemrograman berorientasi objek


Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Berorientasi Objek

1. Pendekatan top-down
2. Fokus pada algoritma dan control aliran
3. Program dibagi menjadi bebrapa sub modul atau fungsi atau prosedur
4. Fungsi yang independen satu sama lain
5. Tidak ada penerima yang ditunjuk dalam panggilan fungsi
6. Data dan fungsi sebagai dua entitas yang terpisah Views
7. Pemeliharaan mahal
8. Reuse Software tidak mungkin
9. Fungsi panggilan digunakan
10. Fungsi abstraksi digunakan
11. Algoritma diberikan penting
12. Solution adalah solusi spesifik-domain
13. Tidak ada enkapsulasi.Data dan fungsi yang terpisah
14. Hubungan antara programmer dan program ditekankan
15. Teknik data-driven digunakan

1. Pendekatan bottom-up yang diikuti
2. Fokus pada model objek
3. Program ini diselenggarakan dengan memiliki sejumlah kelas dan objek
4. Setiap kelas berhubungan secara hirarkis
5. Ada penerima yang ditunjuk untuk setiap pesan
6. Data dan fungsi sebagai satu kesatuan pandangan
7. Pemeliharaan relative lebih murah
8. Membantu dalam penggunaan kembali perangkat lunak
9. Message passing digunakan
10. Data abstraction digunakan
11. Data diberikan penting
12. Solution adalah spesifik masalah domain
13. Enkapsulasi paket kode dan data sama. Data dan fungsi disatukan dalam satu kesatuan
14. Hubungan  antara programmer dan pengguna ditekankan
15. Didorong oleh delegasi tanggung jawab





Contoh code pemrograman terstruktur
Contoh code pemrograman berorientasi objek
Program kalkulator dengan c++

#include <stdio.h>
#include <math.h>
int nilai_A,nilai_B;
long nilai_C;
void InputData()
{
clrscr();
printf(“Input Data \n”);
printf(“Masukan Nilai A = “);scanf(“\n%d”,&nilai_A);
printf(“Masukan Nilai B = “);scanf(“\n%d”,&nilai_B);
}
int Tambah(int a,int b)
{
int c;
c=a+b;
printf(“Melaksanakan Program Penambahan \n”);
return c;
}
int Kurang(int a,int b)
{
printf(“Melaksanakan Program Pengurangan \n”);
return (a-b);
}
long Kali(int a,int b)
{
printf(“Melaksanakan Program Perkalian \n”);
return (a*b);
}
float Bagi(int a,intb)
{
printf(“Melaksanakan Program Pembagian \n”);
return a/b;
}
long Pangkat(int a,int b) /* untuk pemangkatan, Anda dapat menggunakan fungsi pow() dari lib
<math.h> */
{
long temp;
int i;
printf(“Melaksanakan Program Pangkat \n”);
temp=1;
for(i=0;i<b;i++)
{
temp=temp*a;
}
return temp;
}
main()
{
InputData();
nilai_C=Tambah(nilai_A,nilai_B);
printf(“\nHasil A + B = %d”,nilai_C);
printf(“\nHasil A – B = %d”,Kurang(nilai_A,nilai_B);
printf(“\nHasil A x B = %d”,Kali(nilai_A,nilai_B);
printf(“\nHasil A / B = %d”,Bagi(nilai_A,nilai_B);
printf(“\nHasil A ^ B = %d”,Pangkat(nilai_A,nilaiB);
}

Program kalkulator dengan Java

import java.util.*;
public class Kalkulator
{
Public static void main (String[] args)
{
Int hasil,pilihan,angka1,angka2;
Scanner input=new Scanner(System.in);

System.out.println(“Kalkulator Sederhana”);
System.out.println(“-------------“);

System.out.println(“Pilih perhitungan : “);
System.out.println(“1.Penjumlahan”);
System.out.println(“2.Pengurangan”);
System.out.println(“3.Perkalian”);
System.out.println(“4.Pembagian”);
Pilihan=input.nextlnt();

System.out.println(“Masukkan Bilangan a : “);
angka1=input.nextlnt();

System.out.println(“Masukkan Bilangan b : “):
angka2=input.nextlnt();

//Tambah
if(pilihan==1) {
hasil=angka1+angka2;
System.out.println(“Hasil Penjumlahan :“ + hasil);
}
//Kurang
else if(pilihan==2){
hasil=angka1-angka2;
System.out.println(“Hasil Pengurangan :” + hasil);
}
//Kali
else if(pilihan==3){
hasil=angka1*angka2;
System.out.println(“Hasil Perkalian :” + hasil);
}
//Bagi
else if(pilihan==4){
hasil=angka1/angka2;
System.out.println(“Hasil Pembagian :” + hasil);
}
else{
System.out.println(“Maaf pilihan tidak tersedia”);
}
}
]
}




Comments

Popular posts from this blog

penggunaan library random pada java

Random card game program using random library in java syntax coding output